Artikel disini kadang memberikan "Spoiler". Ini hanya peringatan, read at your own risk!
Kelompok Akatsuki, atau lebih dikenal sebagai Organisasi yang beranggotakan buronan-buronan tingkat S dalam serial Naruto yang sangat kejam dan memiliki kemampuan diatas rata-rata. Untuk lebih jelas tentang pengertian dari organisasi Akatsuki, Klik Disini - Pengertian dari Organisasi Akatsuki
 

Akatsuki!
seperti dilansir dalam Naruto Wikia sebagai berikut :

Akatsuki (暁, Literally meaning: Dawn or Daybreak) was initially an organisation created by Yahiko and his two comrades, Konan and Nagato, in an effort to fight against the tyranny and oppression that their home village, Amegakure, was facing during the Third Great Shinobi War, and the long-term goal of world peace. (source : http://naruto.wikia.com)

Apakah kalian bisa menyimpulkan maksud dari kata-kata tersebut? Yups! Telah diketahui bahwa Akatsuki dibentuk oleh Yahiko, Nagato dan Konan. Terus selain itu apa lagi?
Dibentuk di daerah Amegakure?
Ketika terjadi perang dunia shinobi ke 3 ?
Masih ada lagi ?

Mari kita kupas beberapa informasi tentang kelompok akatsuki ini, mulai dari fakta, sejarah bahkan misteri yang masih belum terungkap tentang organisasi ini.

Beberapa Fakta yang 'Mungkin' Sudah Kalian Diketahui



1. Anggota Akatsuki
Akatsuki beranggotakan Shinobi pelarian dengan Tingkat S, antara lain :

- Pein / Jasad dari Yahiko (dari Amegakure)
- Nagato (dari Amegakure)
- Konan (dari Amegakure)
- Deidara (dari Iwagakure)
- Hidan (dari Yugakure)
- Itachi Uchiha (dari Konohagakure)
- Kakuzu (dari Takigakure)
- Mitra Kakuzu (tidak diketahui asalnya, merupakan missing-nin yang dibunuh oleh kakuzu sendiri)
- Kisame Hoshigaki (dari Kirigakure)
- Tobi / Uchiha Obito (dari Konohagakure)
- Orochimaru (dari Konohagakure)
- Sasori (dari Sunagakure)
- Zetsu Hitam dan Putih (tidak diketahui asalnya, semacam android buatan Madara)
- Juzo Biwa (dari Kirigakure)

Baca Juga : Daftar Biodata dan Pemimpin Akatsuki

2. Anggota Akatsuki Menggunakan Cincin
Setiap anggota akatsuki diberikan cincin sebagai tanda menjadi anggota resmi organisasi, juga sebagai penentu posisi pada jari gedo mazo saat pemisahan bijuu dari jinchuurikinya. Cincin ini jumlahnya 10 sesuai jumlah jari dari Gedo Mazo.

3. Segi Penampilan
Penampilan Akatsuki sangat mudah diketahui, mereka mengenakan jubah panjang dengan motif awan merah beserta topi caping berumbai dan ikat kepala yang di gores, hal ini melambangkan bahwa mereka sudah tidak ada hubungannya lagi dengan desa asal mereka.

4. Misi dari Akatsuki
Tugas dari Akatsuki adalah mengumpulkan sepuluh Bijuu yang tersebar di dunia ninja untuk membangkitkan Bijuu ekor 10 yang merupakan rencana 'Mata Bulan' dari Tobi

5. Tentang Deidara dan Sasori
Sasori dan Deidara selalu berdebat tentang hal yang terkait dengan "Seni"

6. Tentang Kisame
Kisame adalah anggota dengan chakra terbanyak, hingga ia disebut sebagai Bijuu tak berekor karena chakra miliknya hampir menyerupai chakra bijuu yang terbilang banyak.

7. Tentang Itachi
Itachi adalah seroang yang mengalah dalam pertempuran melawan Sasuke, selain itu ia juga terkena penyakit yang sudah parah karena terlalu banyak menggunakan Mangekyou Sharingan.

... dan masih banyak lagi .....


Beberapa Fakta yang 'Mungkin' Belum Kalian Diketahui



1. Menganai Konan dan Nagato
Nagato dan Konan bukan merupakan ninja pelarian seperti anggota lainnya, mereka murni ninja dari Amegakure.

2. Pergerakan Itachi
Itachi sebenarnya melindungi Konoha dari dalam akatsuki serta mengawasi pergerakan akatsuki agar mereka tidak menyentuh Konoha. oleh sebab itu, Itachi yang memilih datang ke Konoha bersama Kisame untuk pertama kalinya.

Baca Juga : Mengenal Sosok Uchiha Itachi Lebih Dalam (Renungan)

3. Tentang Kakuzu
Kakuzu selalu ingin bertarung dengan semua orang yg mempunyai bayaran tinggi. ia juga hobi membaca buku-buku kuno.

4. Pemimpin Pertama Akatsuki
Pemimpin pertama dari akatsuki sebenarnya adalah Yahiko

5. Deidara
Deidara sendiri telah menyelesaikan 82 misi : 4 D-rank, 27 C-rank, 35 B-rank, 13 A-rank dan terakhir 3 S-rank.

6. Sasori dan Masashi Kishimoto
Hari ulang tahun Sasori sama dengan hari kelahiran Masashi Kishimoto. Selain itu Sasori tidak pernah makan, karena dia Boneka(?)

7. Tentang Zetsu
Zetsu selalu menyukai makanan favoritnya yaitu "Manusia" sedangkan yang paling tidak favorit adalah Jelly.

8. Kakuzu membunuh Mitra satu timnya
Di anime, saat bertempur dengan beberapa shinobi, dia dieliminasi oleh Kakuzu, yang kemudian disiksa oleh rekan setimnya karena dia terlalu lamban dan seharusnya mengeliminasi serangannya. Kakuzu kemudian mengambil hatinya.

... dan masih banyak lagi .....


Sejarah Terbentuknya Akatsuki

Akatsuki pertama kali dibentuk oleh Yahiko, Nagato dan Konan. Mereka bertiga membangun kelompok ini dengan usaha yang telah mereka lakukan selama hidupnya, bertiga membangun dari awal, pertemuan mereka dengan Jiraiya membuat Yahiko ingin mengubah dunia menjadi lebih baik. Semangat Yahiko dalam hal memperbaiki dunia ninja ini di respon sangat bagus oleh Konan maupun Nagato, bahkan Jiraiya pun menganggap Yahiko sebagai tokoh utama dalam novel yang ditulisnya.



Dengan semangat dan perjuangan, akhirnya mereka bertiga berhasil mengumpulkan beberapa anggota dari Amegakure. Seiring berjalannya waku, kelompok dari Yahiko, Konan dan Nagato ini mulai berkembang dan akhirnya Yahiko sebagai pemimpin, memutuskan untuk memberi nama kelompok ini dengan sebutan "Akatsuki" dengan tujuan dapat mengubah dunia ninja menjadi lebih baik.

Peperangan dunia ninja ke-3 saat itu membuat Akatsuki semakin maju, berkat latihan keras dari Yahiko dalam memimpin kelompok ini. Nama Akatsuki pun akhirnya mulai tersebar di beberapa daerah termasuk daerah Amegakure sendiri. Kemampuan Rinnengan dari Nagato, Kepemimpinan Yahiko serta Ninjutsu kertas dari Konan membuat Akatsuki semakin kuat dan berkembang.

Tujuan Akatsuki Sebenarnya Baik



Dibawah kepemimpinan Yahiko, tujuan dari Akatsuki sebenarnya baik, yaitu mengubah dunia menjadi lebih baik, menciptakan perdamaian di Amegakure dan saling mengasihi satu sama lain.

Yahiko Wafat, Tujuan Baik Akatsuki Mulai Memudar 



Dengan tujuan menghentikan perang dan menciptakan perdamaian di Amegakure, pemimpin dari Amegakure yang dikenal sebagai "Hanzou" takut dengan keberadaan Akatsuki dan Yahiko karena dia mengkhawatirkan posisinya sebagai pemimpin desa akan tergantikan. Hanzou yang haus akan kekuasaan akhirnya meminta bantuan Danzou Shimura dari Konoha untuk membunuh Yahiko dengan imbalan "Hanzou akan membantu Danzou menjadi Hokage". Yahiko akhirnya berkorban dirinya mati demi menyelamatkan Konan yang dijadikan sandera. Kemudian seluruh anggota Akatsuki yang berisi ninja dari Amegakure dibunuh oleh Tobi a.k.a Obito dan Zetsu agar Nagato merasakan sakit kehilangan seluruh temannya. Konan yang saat itu sangat mencintai Yahiko harus rela melepaskan kepergiannya.

Baca Juga : Kisah Pengorbanan Sebuah Cinta dalam Serial Naruto - Part 2

Setelah itu, Nagato menggantikan Yahiko sebagai pemimpin dari Akatsuki, disinilah akhirnya Tobi memperdaya Nagato untuk mengubah tujuan dari Akatsuki sebelumnya menjadi "Akatsuki yang Baru" dengan tujuan mengumpulan ke-9 Bijuu untuk membuat dunia ninja menjadi mutlak dalam perdamaian seperti yang Tobi rencanakan. Berganti nama menjadi Pain dan menjadikan jenazah Yahiko sebagai Deva Path (天道 Tendō?) serta menggerakkan jasad dari para anggota terdahulu adalah tugas dari Nagato sebagai pemimpin baru Akatsuki di bawah tangan Tobi.

Pergantian Jubah dan Maksud dari Simbol Awan Merah

Setelah wafatnya Yahiko, akhirnya Akatsuki dibawah kepemimpinan Nagato memutuskan untuk menambahkan simbol corak awan merah pada jubah Akatsuki yang baru.

Jubah Lama Akatsuki

Jubah Baru Akatsuki "dengan corak awan merah"

Maksud dan Arti dari corak awan merah pada jubah Akatsuki adalah adanya awan yang menurunkan hujan darah di Amegakure. Dimana desa Amegakure selalu terjadi pertumpahan darah dan peperangan desa yang lebih besar sehingga banyak rakyat Amegakure yang tak bersalah menjadi korban. sedangkan warna hitam dari jubah itu sendiri melambangkan masa lalu yang kelam dari para anggota akasuki sebelumnya.

Penghianatan Tobi, Nagato dan Konan Wafat

 

Setelah Nagato memutuskan untuk mengakhiri hidupnya untuk menghidupkan kembali rakyat Konoha, Akhirnya Konan keluar dari Akatsuki dan mempercayakan mimpi Yahiko kepada Naruto. Tobi yang merasa terhianati akhirnya membunuh Konan dan mengambil alih posisi Nagato sebagai pemimpin Akatsuki.

Tobi akhirnya menggunakan ke-9 Bijuu dan Patung Gedo untuk menciptakan Juubi (bijuu ekor 10) dan menjadi jinchuuriki. Jika Obito melakukan hal ini, ia akan mampu melemparkan Tsukuyomi tak terbatas dan menjebak seluruh dunia di bawah genjutsu dan memberikan dia kekuatan untuk menciptakan dunia yang ia inginkan. Dari semua anggota Akatsuki, hanya Kisame Hoshigaki dan Zetsu yang mengetahui rencana ini.

Penghianatan Madara kepada Tobi

 

Setelah Tobi berhasil menjadi Jinchuuriki dari Juubi, dengan cepat Madara mengambil Zetsu yang menempel pada tubuh Tobi, alhasil Tobi sekarat karena setengah tubuh yang ia miliki hancur dirampas Madara. Setelah Tobi wafat, akhirnya Madara mengambil alih posisi Tobi dan menjadi Jinchuuriki dari Juubi.

Penghianatan Zetsu Hitam kepada Madara

 

Penghianatan terus menerus terjadi, hingga dalam sebuah penghianatan masih ada penghianatan. Inilah konflik yang sebenarnya terjadi dalam Akatsuki. Selang beberapa saat setelah Madara mendapatkan kekuatan dari Tobi, Zetsu Hitam menghempaskan tubuhnya dan mengambil seluruh kekuatan dari Madara untuk menghidupkan kembali maksud dan tujuan sebenarnya dari Zetsu Hitam yaitu membangkitkan kembali Kaguya Outsutsuki. Sang "Dewi" yang merupakan nenek moyang dari ninja-ninja di dunia.

Madara dan Tobi Wafat, Akatsuki hanya "Zetsu" saja

Setelah Madara dan Tobi wafat, kini hanya tinggal Zetsu dan Kaguya yang menjadi musuh dari Aliansi Shinobi pada perang dunia ninja ke-4. Namun, Naruto dan Sasuke yang merupakan Reinkarnasi dari kedua anak Rikudou Sennin akhirnya mampu membunuh Kaguya.


...Beginikah akhir dari Kelompok Akatsuki ??


Beberapa Misteri Akatsuki yang Belum Diketahui

1. Mengenai Hidan
Masih hidupkan Hidan? Okelah, ini jangan diperdebatkan lagi!

2. Kaguya dan Zetsu
Semudah itukah Sasuke dan Naruto membunuhnya?

3. Jasad Konan, Kisame dengan Edo Tensei
Jasad Konan mengapung di laut Amegakure, namun tidak di Edo Tensei.
Jasad Kisame, dimakan Hiu?

Baca Juga : Naruto Tamat, Inilah Beberapa Misteri yang Belum Terpecahkan

--------------------------------------------
Well, cukup sekian dulu ya info kali ini :) akhir kata, Salam AMLovers!
AiRen

Ai

Cuma Manusia biasa yang mencoba nulis sesuatu, hmm.. Hidup Ai itu sebenenya simple, cuma kadang ai sendiri aja yang bikin hidup jadi rumit T_T

Post A Comment:

16 comments:

  1. Akatsuki memang kereen :D

    BalasHapus
  2. saya suka banget dengan itachi...kereen

    BalasHapus
  3. mengapa sekarang Pein kerjaan nya buat subtitle film Hollywood?? apakah dia sudah bangkrut? seharusnya sebagai salah satu karakter dari Naruto Shipudden dia pasti punya banyak uang :\

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkowkokwok,, bener tuh :D lagi nge-Hits dia

      Hapus
  4. akatsuki eamang kren gan..
    apalagi hitachy...
    kren deh artikelnya gan..

    BalasHapus
  5. mantep boss
    ma,af promo lg new bie boss
    http://narutogaideninfo.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. memang bukan 10, yg dimaksud disini adalah juubi (sang ekor 10) :)

      Hapus
  7. mantap gan sekalian izin blogwalking

    Visit and Comment : mangacomzone.net

    BalasHapus
  8. Wow, it's really cool... As I expect from Akatsuki. I knew that the pure purpose of Akatsuki is for peace and goodness.

    BalasHapus
  9. anggota akatsuki favorit ane Itachi dan Konan.cool

    BalasHapus
  10. bukannya ada anggota akatsuki,namanya juzo biwa.partnernya itachi.jelaskan min hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya, belum dimasukkan, soalnya juzo biwa masuk kedalam anime saja.. sebelumnya pernah dibahas dalam 7 pendekar pedang > http://www.airensekai.com/2011/09/mengungkap-misteri-7-pendekar-pedang.html

      Hapus
  11. Akatsuki bagus banget!apalagi nagato😍

    BalasHapus